8 Cara Memulai Usaha Dengan Modal Kecil (Untuk Pemula)

usaha dengan modal kecil

Mempunyai lahan usaha milik sendiri merupakan dambaan bagi kebanyakan orang. Karena selain dapat menambah jumlah penghasilan, kita juga dapat menolong orang lain dengan membuka lapangan pekerjaan baru untuk orang lain yang belum mempunyai pekerjaan tetap.

Kebanyakan orang selalu berpandangan jika membuka sebuah usaha atau bisnis harus mengeluarkan modal yang sangat besar. Padahal kenyataannya tidak selalu begitu juga.

Cara Memulai Usaha Dengan Modal Kecil

usaha dengan modal kecil

Ada banyak sekali jenis usaha yang hanya membutuhkan modal yang kecil atau bahkan tidak ada namun mampu menghasilkan omset yang sangatlah besar. Membuka sebuah bisnis atau lahan usaha memang cara yang paling tepat jika ingin cepat menghasilkan uang yang banyak.

Namun pada kenyataannya sedikit sekali orang yang memiliki keberanian dalam menjalankan bisnis. Karena pada dasarnya setiap orang punya kesempatan yang sama.

Untuk itu bagi anda yang merasa ragu atau takut gagal saat pertama kali berusaha, mungkin anda dapat mencoba cara – cara berikut ini. Dan ingat, salah satu mindset di dalam melakukan bisnis ialah jangan sampai takut gagal.

Menentukan Jenis Usaha yang Akan Ditekuni

usaha dengan modal kecil

Hal ini merupakan tahap awal yang seharusnya anda lakukan di dalam berbisnis. Dan jika anda terkedala permasalahan modal yang besar, anda dapat mencoba dengan yang kecil terlebih dahulu. Contohnya seperti berjualan makanan ringan, minuman ringan, dan lain sebagainya.

Karena pada dasarnya jenis usaha yang dipilih juga akan menentukan seberapa modal yang akan kita butuhkan di dalam merintis usaha. Oleh karena itu dalam menentukan jenis usaha apa anda nantinya harus lebih selektif.

Meski hanya menggunakan modal yang kecl sekalipun, itu tidak akan menutup kemungkinan omeset yang dihasilkan akan menjadi berkali – kali lipat jumlah modal.

Melakukan Riset Pasar

usaha dengan modal kecil

Sebelum menjalankan usaha anda nantinya, ada baiknya anda melakukan riset pasar terlebih dahulu. Sebab riset pasar juga berguna sekali dalam mengetahui seberapa besar peluan usaha kita nantinya.

Selain itu dengan riset pasar kita juga dapat menentukan seberapa berat saingan atau rival kita nantinya ketika mulai menjalankan bisnis. Dari riset pasar kita juga bisa mendapatkan referensi jenis usaha kita.

Menghitung Jumlah Modal yang Dikeluarkan

usaha dengan modal kecil

Setelah kita mendapatkan bisnis yang hendak kita jalankan, maka anda telah sampai pada tahapan memperhitungkan jumlah modal yang akan kita keluarkan nantinya. Dalam melakukan penghitungan modal hendaknya dikerjakan secara teliti.

Karena jika saat menghitung modal kita menemukan jumlah modal yang diperlukan terlalu besar, kita dapat mengubah bisnis yang hendak dijalankan menjadi yang lain.

Ini juga merupakan salah satu cara untuk memulai usaha dengan modal kecil tanpa perlu repot memikirkan jumlah kebutuhan operasional yang membengkak nantinya.

Menghemat Biaya Operasional yang Dapat Ditekan

usaha dengan modal kecil

Biasanya biaya operasional memang membutuhkan jumlah yang besar. karena itu dengan menghemat biaya operasional itu berarti juga kita memulai usaha dengan modal kecil.

Karena dengan menekan jumlah pengeluaran kita dapat menglokasikannya menjadi hal lain yang lebih urgen. Dengan begitu kita dapat menjadi semakin mantap dalam menjalankan usaha dengan modal kecil ini.

Menentukan Lokasi Usaha Tanpa Perlu Sewa

usaha dengan modal kecil

Biasanya yang menjadi kendala terbesar menjalankan bisnis ialah biaya sewa tempat atau kios yang lumayan mahal. Karena dalam menjalankan usaha kita juga memerlukan lokasi yang strategis. Semakin ramai lokasi tersebut maka biaya sewa biasanya akan semakin mahal.

Sebenarnya ada cara aletarnatif. Yang pertama anda dapat membuka usaha di rumah dengan memberikan layanan delivery atau pesan antar. Anda hanya perlu mengalokasikan biaya sewa ruko atau kios untuk BBM.

Cara lainnya anda dapat menggunakan sistem pedagang kaki lima. Atau dengan menggunakan tenda lipat dan membuka lapak di tempat yang strategis. Hal ini akan menjadi lebih fleksibel karena anda dapat menentukan lokasi strategis dan berpindah lokasi dengan mudah.

Saat ini banyak sekali lapak dadakan yang menggunakan tenda lipat. Karena lebih praktis untuk dibawa kemana – mana. Tak perlu bingung mencari tenda lipat karena di internet bertebaran banyak sekali. Kalaupun bingung bisa mencari ke jual tenda lipat online.

Mengandalkan Kemampuan Anda

usaha dengan modal kecil

Dalam membuka usaha dengan modal kecil sebenarnya cukup dengan mengandalkan kemampuan yang kita miliki. Misal jika anda ahli dalam memasak kue maupun masakan lainnya. Maka akan lebih mudah dalam menjalankannya karena hal itu sudah menjadi hobi atau keahlian kita.

Di dalam usaha, keahlian merupakan modal utama yang tentunya juga akan semakin mempermudah kita nantinya. Oleh karena itu jika anda mempunyai suatu keahlian jangan malu untuk menyalurkannya.

Itu bisa menjadi sebuah sarana bagi anda untuk menjadi lebih memanfaatkan skill anda menjadi penghasil pundi – pundi rupiah.

Manfaatkan Peralatan Bekas yang Masih Layak Pakai

usaha dengan modal kecil

Dalam membuka usaha baru, anda tidak harus menggunakan peralatan yang baru juga. Anda dapat memanfaatkan peralatan bekas yang masih layak pakai. Ini juga akan menghemat pengeluaran modal.

Dan jika tidak mempunyai alat yang dibuthkan anda dapat membeli barang bekas yang masih layak pakai. Utamakan membeli secara langsung atau COD. Hal ini untuk mendapatkan kualitas barang bekas yang lebih naik.

Gunakan Bahan Baku yang Murah

usaha dengan modal kecil

Dalam menjalankan usaha salah satu hal yang penting ialah ketersediaan bahan baku atau produk yang hendak anda jual. Menggunakan bahan baku yang baik tentunya juga akan ditawarkan dengan harga yang mahal pula.

Namun ada juga masanya bahan tersebut mengalami penurunan harga. Dan pada saat inilah kemampuan manajerial kita akan diuji. Apakah kita mampu mengatur pengeluaran dan juga menyimpan bahan baku di saat harga sedang turun.

Atau melakukan pembelian stok yang banyak sekaligus untuk menghindari kelangkaan bahan. Kemampuan ini akan sangat bergantung pada pengalaman lebih tepatnya.

Penutup

Mungkin itu dahulu beberapa tips dalam membuka usaha dengan modal kecil yang bisa saya berikan. Jika anda masih mempunyai pertanyaan silahkan bisa melewati kolom komentar di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *