3 Cara Membersihkan Hidung Bayi yang Baru Lahir Secara Aman

cara membersihkan hidung bayi yang tersumbat

Cara Membersihkan Hidung Bayi – Sebagai orang tua yang baik, wajib hukumnya bagi Anda untuk senantiasa menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh bayi Anda. Terlebih jika si bayi itu masih di kisaran usian 0-2 tahun.

Banyak upaya yang orangtua harus lakukan untuk menjaga kesehatan sang bayi. Salah satunya adalah dengan memperhatikan kebersihan tubuhnya. Salah satu yang juga harus jadi perhatian adalah kebersihan hidung bayi.

Ya kita ketahui bahwasanya hidung adalah organ luar yang peranannya sangat sentral sebagai alat bantu pernafasan. Jangan sampai karena kita lalai memeriksa kebersihan hidung si kecil, ia jadi kesulitan bernafas. Tentu Anda tidak menginginkan hal tersebut, bukan.

Maka dari itu di sini kita akan secara khusus membahas tentang cara membersihkan hidung bayi secara aman. Aman dalam artian tidak membuat si kecil terganggu atau bahkan sampai membuat kulitnya terkena iritasi.

Cara Membersihkan Hidung Bayi yang Aman

cara membersihkan hidung bayi yang mampet
lifeblogid.com

Ada yang perlu diperhatikan saat hendak membersihkan hidung bayi. Anda pastinya sudah tahu bahwa kulit bayi itu bersifat sensitif terhadap sentuhan, tak terkecuali kulit di area hidung.

Oleh karenanya saat Anda mencoba membersihkan hidungnya, disarankan untuk jangan sekali-kali mengoreknya hingga ke dalam. Karena hal tersebut dikhawatirkan bisa melukai bagian dalam hidung si kecil.

Jadi pada prakteknya, Ibu tidaklah harus membersihkan seluruh kotoran yang ada pada hidung bayi. Pastikan Anda hanya membersihkan kotoran yang tampak dan kasat mata saja.

Tidak perlu memaksakan untuk membersihkan kotoran yang sudah dijangkau atau tidak terlihat demi menjaga kenyamanan si bayi. Selain untuk menghindari iritasi kulit si kecil, juga agar fungsi indera penciuman pada hidung yang dimiliki bayi tidak terganggu.

Adapun kalau Anda mau membersihkan hidung bayi, sebenarnya bisa dilakukan kapan saja. Namun tetap harus dilakukan dengan bijak dan hati-hati.

Nah di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa bunda lakukan sebagai upaya cara membersihkan hidung bayi Anda secara aman.

1. Lakukan pembersihan dengan pelan-pelan dan hati-hati

Ini adalah hal paling utama yang harus diperhatikan tatkala membersihkan kotoran pada hidung bayi. Karena kulit bayi yang masih sangat sensitive itu tadi, maka sebisa mungkin proses pembersihan dilakukan secara pelan-pelan.

Medianya bisa memakai Cotton Buds agar dapat membersihkan kotoran yang ada. Selain Cotton Buds, Ibu juga boleh gunakan kain atau handuk yang lembut teksturnya untuk mengusap kotoran-kotoran yang mungkin ada di bagian luarnya.

Pastikan tangan Anda juga sudah bersih secara sempurna atau higienis sebelum membersihkan hidung si kecil. Tujuannya agar si bayi terhindar dan terlindungi dari adanya perpindahan kuman yang bisa saja menyebabkan timbulnya penyakit.

2. Bersihkan kotoran hidung yang terlihat saja

Ya seperti sempat disinggung di atas, bahwasanya Anda harus memastikan untuk hanya membersihkan kotoran yang secara kasat mata terlihat. Tidak perlu memaksakan untuk mengorek hidung bayi hingga terlalu dalam.

Takutnya si kecil nanti bakal berontak dan tidak nyaman dengan perlakukan seperti itu. Lebih parahnya bayi bisa terkena iritasi. Jadi lakukan pembersihan sewajarnya.

Lalu jika memakai kain atau handuk lembut untuk membantu membersihkan, alangkah baiknya membasahi kain tersebut menggunakan air yang bersih untuk kemudian diusapkan pada bagian hidung bayi yang terlihat kotor.

3. Bersihkan secara perlahan

Hal ini penting sekali untuk diperhatikan. Jangan terburu-buru ketika membersihkan kotoran pada hidung sang bayi. Lakukanlah secara perlahan demi keamanan serta kenyamanan si bayi.

Yang lebih penting adalah menghindari sang bayi dari iritasi yang melukai kulitnya. Jadi intinya ibu harus hati-hati dalam melakukannya. Jangan sampai terburu-buru.

Tips Tambahan Cara Membersihkan Hidung Bayi yang Tersumbat Karena Pilek

cara membersihkan hidung bayi yang tersumbat
jalansembrani.blogspot.com

Beberapa kali disebutkan di atas bahwa tidak usah memaksakan membersihkan kotoran hidung bayi yang tidak terlihat. Bersihkan hanya yang terlihat oleh mata.

Selain untuk melindungi bayi dari iritasi, juga sebenarnya ibu perlu tahu bahwa hidung sendiri mempunyai mekanisme khusus dalam menangani kotoran yang masuk ke dalamnya.

Artinya hidung juga punya kemampuan dalam proses pembersihan kotoran tanpa harus kita campur tangan membersihkannya sendiri, salah satunya dengan bersin.

Bayi sendiri cenderung sering bersin dan hal itu bagus dalam rangka membersihkan kotoran yang ada dalam hidungnya.

Namun kendati begitu, ya bukan berarti ibu bisa tidak memperhatikan kebersihan hidung bayi, tetap harus diperhatikan secara berkala. Pastikan bayi tetap bisa merasakan nyaman dengan fungsi hidungnya.

Tipsnya bilamana bayi Anda mengalami pilek, maka cukup bersihkan saja bagian luar hidungnya dengan bantuan tissue basah (hindari tissue kering) ataupun handuk lembut dengan sedikit tamban air sebagai basahan.

Kemudian perlakuan lebih lanjutnya, yaitu dengan memberikan asupan ASI lebih banyak. Kalau dirasa perlu, missal hidung bayi sudah tersumbat cukup parah, maka bisa juga gunakan obat tetes hidung di apotek.

Obat tersebut sedikitnya bisa sedikit membuat hidung sang bayi bersih kembali dan bisa bernafas dengan lebih nyaman.

***

Baik, barangkali cukup sekian artikel tentang cara membersihkan hidung bayi yang yang kotor atau tersumbat ini. Dengan cara di atas, setidaknya sudah merupakan cara yang aman dan bisa langsung Anda praktekkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *